10 February, 2012

Papercraft

Papercraft, tahukah anda soal ini? Nah, kali ini saya akan mengupas soal papercraft. Mengutip dari http://lifestyle.kompasiana.com, papercraft merupakan suatu seni dari kertas yang  dikembangkan dari seni origami (seni melipat kertas di Jepang).

Papercraft Spongebob SquarePants
Bedanya papercraft dengan origami adalah origami adalah seni melipat kertas dengan menggunakan 1 lembar kertas sementara papercraft adalah seni merakit kertas dari beberapa lembar kertas menggunakan beberapa teknik seperti menggunting, melipat, mengelem, dan membentuk kertas. 

Aslinya bernama 3D Papercraft, tapi lantas biasa disebut papercraft saja. Papercraft adalah kerajinan kertas yang berbentuk 3 dimensi. Kemudian berkembanglah berbagai macam sebutan mengenai hobi dan seni kerajinan ini, tetapi bila dicermati ada pengelompokkan terhadap papercraft, yakni dari minat dan audiensnya. Papertoy merupakan perkembangan dari vinyl toys yang merupakan salah satu hasil dari urban art, grafitti dan street art. Vinyl toys dibuat oleh seorang seniman urban yang berupa wujud 3 dimensi dari karakter rekaan mereka sendiri, biasanya berbentuk sederhana dengan menekankan pada seni grafis yang dituangkan pada bidang 3 dimensi tersebut. Obyek yang dibuat papercraft secara general meliputi hampir semua benda yang ada di dunia, miniatur dalam bentuk kertas, ada yang kendaraan, bangunan, manusia, binatang, karakter game, film bahkan makanan juga dibuat papercraftnya.

Kemudian ada lagi yang namanya paper modelPaper model adalah turunan dari scale model, yaitu model dari benda asli dengan skala dan tingkat kemiripan yang mendekati aslinya. Maka itu paper model dapat sangat detail sekali baik bentuk 3 dimensinya maupun warnanya atau grafisnya. Jika kita melihat maket sebuah bangunan yang terbuat dari karton itu dapat disebut paper model atau card model. Semuanya itu termasuk di dalam papercraft.

Terinspirasi dari teman saya yang suka banget ngerakit papercraft, saya jadi kepengen tahu dan ikutan ngerakit papercraft juga J. Nah, ini dia sketsa dan hasilnya…

Sketsa Papercraft Spongebob SquarePants


Sketsa Papercraft Danbo
Hasil: Papercraft Danbo
Hasil: Papercraft Spongebob SquarePants

Berminat? Selamat mencoba... ^^

Note: Untuk sketsa papercraftnya bisa googling, sketsa banyak berserakan,,hehehe

No comments:

Post a Comment